Jumat, 30 Agustus 2019

Apa Itu XAMPP | Apa Itu?

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ


XAMPP adalah paket stack solusi server server lintas-platform gratis dan open-source yang dikembangkan oleh Apache Friends, yang sebagian besar terdiri dari Apache HTTP Server , database MariaDB , dan penerjemah untuk skrip yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan Perl .Karena sebagian besar penyebaran server web yang sebenarnya menggunakan komponen yang sama dengan XAMPP, itu memungkinkan transisi dari server uji lokal ke server aktif.

Kemudahan penyebaran XAMPP berarti tumpukan WAMP atau LAMP dapat diinstal dengan cepat dan sederhana pada sistem operasi oleh pengembang. Dengan keunggulan sejumlah aplikasi tambahan umum seperti Wordpress dan Joomla! juga dapat diinstal dengan kemudahan serupa menggunakan Bitnami .

Istilah XAMPP adalah akronim yang jelas. Namun, tidak ada ekspansi akronim resmi yang ditentukan di situs web Apache Friends. Header beranda mereka bertuliskan "XAMPP Apache + MariaDB + PHP + Perl", yang menunjukkan bahwa singkatan ini adalah singkatan rekursif .

MySQL diganti dengan MariaDB pada 2015-10-19 dan dimulai dengan XAMPP versi 5.5.30 dan 5.6.14,  secara efektif mengubah arti akronim.

Sementara kedua huruf P bersifat de facto dipertukarkan, konvensi yang digunakan di situs web Apache Friends menunjukkan bahwa huruf pertama P adalah singkatan dari PHP dan huruf terakhir P adalah kependekan dari Perl.

Prasyarat

XAMPP hanya memerlukan satu file zip , tar , 7z , atau exe untuk diunduh dan dijalankan, dan sedikit atau tidak ada konfigurasi berbagai komponen yang membentuk server web diperlukan. XAMPP versi Windows membutuhkan Microsoft Visual C ++ 2017 Redistributable.

Fitur

XAMPP secara teratur diperbarui ke rilis terbaru dari Apache , MariaDB , PHP dan Perl . Itu juga dilengkapi dengan sejumlah modul lain termasuk OpenSSL , phpMyAdmin , MediaWiki , Joomla , WordPress dan banyak lagi. XAMPP yang serba lengkap dan banyak dapat ada pada satu komputer, dan setiap instance yang diberikan dapat disalin dari satu komputer ke komputer lainnya. XAMPP ditawarkan dalam versi lengkap dan standar (Versi lebih kecil). 

Karakteristik yang paling jelas dari XAMPP adalah kemudahan di mana tumpukan server web WAMP dapat digunakan dan dipakai. Kemudian beberapa aplikasi paket umum yang dapat dengan mudah diinstal disediakan oleh Bitnami .

Secara resmi, perancang XAMPP bermaksud menggunakannya hanya sebagai alat pengembangan, untuk memungkinkan perancang situs web dan pemrogram untuk menguji pekerjaan mereka di komputer mereka sendiri tanpa akses ke Internet. Untuk membuat ini semudah mungkin, banyak fitur keamanan penting dinonaktifkan secara default. XAMPP memiliki kemampuan untuk melayani halaman web di World Wide Web .  Alat khusus disediakan untuk melindungi kata sandi bagian terpenting dari paket. 

XAMPP juga menyediakan dukungan untuk membuat dan memanipulasi basis data di MariaDB dan SQLite .

Setelah XAMPP diinstal, dimungkinkan untuk memperlakukan localhost seperti host jarak jauh dengan menghubungkan menggunakan klien FTP . Menggunakan program seperti FileZilla memiliki banyak keuntungan saat memasang sistem manajemen konten (CMS) seperti Joomla atau WordPress [ diperlukan penjelasan lebih lanjut ] . Dimungkinkan juga untuk terhubung ke localhost melalui FTP dengan editor HTML .

Sumber Referensi:  XAMPP | Web Review seperti dilansir dari wikipedia.org.

Tidak ada komentar:
Write komentar